5 Gaya Hidup Sehat Turunkan Level Kolesterol

Peningkatan kolesterol seringkali gak disadari banyak orang karena gak menimbulkan gejala apa pun. Sementara kolesterol tinggi itu sendiri mampu meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti penyakit jantung.

Kolesterol adalah zat yang ditemukan secara alami dalam darah. Kehadirannya gak selalu jadi berita buruk kok, faktanya kita tetap membutuhkan kolesterol agar tubuh berfungsi secara sehat, selama kadar kolesterol LDL gak terlalu tinggi.

LDL (low density lipoprotein) dikenal sebagai kolesterol ‘buruk’. Jika terlalu banyak kolesterol LDL dalam tubuh, kolesterol ini perlahan-lahan dapat menumpuk dan menyumbat pembuluh darah, sehingga menyulitkan alirannya. Kolesterol HDL (high density lipoprotein) adalah tipe ‘baik’ yang membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari aliran darah dan mengembalikannya ke hati.

Sarah Franciosi, dokter dan ahli gizi dari Inggris menjelaskan bahwa langkah-langkah sederhana menuju pola makan dan gaya hidup lebih sehat bisa bantu menurunkan kolesterol secara alami. Berikut langkah-langkah yang dianjurkannya.

Makanan Penurun Kolestrol

Makanan Penurun Kolestrol

1. Tetap aktif bergerak
Membiasakan diri untuk mengambil sesi olahraga berkeringat setiap hari meski sebentar, gak hanya menghindarkan diri dari stres akibat kesibukkan kerja, penelitian juga menemukan bahwa gaya hidup aktif dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Franciosi menjelaskan bahwa olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL ‘baik’ dalam tubuh. Kolesterol HDL bantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari aliran darah dan mengembalikannya ke hati di mana ia dipecah dan dikeluarkan dari tubuh.

Sarannya, lakukanlah olahraga setidaknya 30 menit dalam sehari. Kamu bisa pilih olahraga dengan intensitas sedang seperti berjalan cepat atau senam kebugaran. Rutinkan 5 kali seminggu atau lebih.

2. Beralih ke metode memasak yang lebih sehat
Menggoreng makanan memang cepat dan mudah, tetapi dapat menghancurkan beberapa kandungan vitamin dalam sayuran lho! Belum lagi dengan penambahan minyak atau mentega ke dalam wajan, ini dapat menambah jumlah lemak jenuh harianmu.

Franciosci menyarankan supaya kita beralih ke metode memasak yang tidak membutuhkan banyak mentega atau minyak. Misalnya dengan dikukus, dipanggang, atau direbus. Tentu metode ini lebih sehat dan mengurangi lemak jenuh.

3. Makan lebih banyak buah dan sayur
Menambahkan buah dan sayuran dalam menu harianmu adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Selain sumber vitamin dan mineral yang baik seperti folat, vitamin C dan kalium, buah dan sayuran juga kaya akan serat makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan usus.

“Makanlah buah dan sayuran setidaknya lima porsi piring sehari, selain memberimu serat dan beragam vitamin, menu dalam piringmu juga lebih berwarna-warni,” kata Franciosci. Beberapa buah dan sayuran seperti buncis, gandum, kacang-kacangan dan kacang polong mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

4. Tukar lemak jenuh dengan makanan lemak tak jenuh
Franciosci mengatakan bahwa lemak jenuh ditemukan dalam makanan susu tinggi lemak seperti krim, susu murni, batang keju, mentega, serta dalam potongan daging berlemak, dalam kue, biskuit, dan kue kering.

Gantilah dengan lemak tak jenuh yang lebih baik untuk kesehatan jantungmu. Kamu bisa menemukannya dalam ikan salmon, mackerel, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak sayur serta zaitun. Cukup beragam kan pilihannya?

5. Coba makanan alternatif yang rendah kolesterol
Melakukan diet rendah kolesterol bukan berarti kamu harus melewatkan beberapa kesenangan hidup seperti menyantap roti bakar beroles mentega cair, atau taburan keju parut pada semangkuk spaghetti bolognese yang mengepul. Kamu bisa imbangi asupannya dengan makanan alternatif rendah kolesterol seperti selai dan yogurt.

Itulah beberapa gaya hidup sehat yang bisa kamu terapkan untuk bantu turunkan level kolesterol. Mengadopsi kebiasaan sehat juga bakal bikin tubuhmu sehat secara menyeluruh. Yuk sayangi tubuh kita!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *