Perhatikan 7 Hal ini Jika Mudik dengan Menggunakan Mobil

Kembali ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dan merayakan lebaran bersama sanak keluarga di bulan Ramadan memang merupakan sebuah tradisi yang selalu ditunggu-tunggu setiap tahun.Kendaraan pribadi yang sangat direkomendasikan dalam bermudik adalah mobil, yang tentu saja bisa menjamin rasa aman dan nyaman ketika berkendara.

Jika kamu salah satu yang akan mudik dengan kendaraan pribadi, maka berikut adalah 7 hal yang harus kamu perhatikan sebum mulai berkendara.

Cek kondisi dan keamanan kendaraan yang akan dipakai

Cek kondisi dan keamanan kendaraan yang akan dipakai

1. Cek kondisi dan keamanan kendaraan yang akan dipakai
Sebelum berangkat persiapan awal yang harus diperhatikan adalah mengecek kondisi mobil yang akan dikendarai. Beberapa komponen utama yang harus diperhatikan adalah mesin mobil, ban mobil, lampu kendaraan, rem dan bahan bakar.

Apabila salah satu dari komponen utama tersebut ternyata kurang baik maka segeralah diperbaiki atau bahkan diganti. Apabila kamu kurang mengerti dalam mengganti komponen-komponen yang bermasalah maka kamu bisa membawa mobilmu ke gerai service terdekat.

2. Pastikan kuota barang yang dibawa tidak melebihi kapasitas muatan kendaraan
Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah jumlah muatan yang dibawa. Jumlah muatan harus diperhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan yang akan digunakan. Hal ini akan mempermudah space di atas mobil menjadi semakin luas dan semakin meringankan beban kendaraan.

3. Pastikan kondisi kesehatanmu benar-benar fit untuk mengemudi
Selain keamanan kondisi kendaraan, salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah kondisi kesehatanmu. Sebaiknya sebelum sampai pada hari keberangkatan kamu harus mengatur waktu beristirahat agar nantinya kamu tidak mengantuk saat berkendara. Jika punya penyakit lain sebaiknya kamu harus ke dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatanmu.

4. Patuhi semua aturan standar keamanan dalam berkendara
Aturan keamanan dalam berkendara bukan hanya pada keamanan mobil dalam berkendara seperti menggunakan sabuk pengaman dan menyalakan lampu, namun juga harus mematuhi setiap aturan di perjalanan seperti mematuhi rambu dan traffic light.

5. Cek kondisi cuaca rute yang akan dilalui
Sebelum berangkat kamu harus memperhatikan kondisi cuaca jalur yang akan dilalui agar mempersiapkan semua perlengkapan untuk mengantisipasi kemungkinan cuaca buruk. Kamu bisa memantau perkembangan cuaca lewat televisi, radio, internet dan media lainnya.

6. Bawalah bekal secukupnya
Jangan lupa untuk membawa bekal perjalanan keluarga yang secukupnya. Salah satu momen perjalanan yang mengesankan adalah makan bersama dalam perjalanan, akan lebih terasa kebersamaan ketika makan makanan yang dibawa sendiri sambil menikmati pemandangan di tempat pemberhentian daripada makan di makanan pinggiran.

7. Jangan lupa berdoa sebelum berangkat karena doa adalah jaminan utama untuk keselamatanmu
Memohon penyertaan Tuhan yang adalah Sang Pencipta akan memberikan jaminan yang paling utama dan terutama untuk menyertai perjalananmu. Mulailah sebuah doa bersama keluargamu sebelum berangkat agar kamu terjaga dalam perjalananmu.

Nah, itulah 7 hal yang harus kamu perhatikan jika mudik dengan kendaraan pribadi. Semoga kamu selamat, aman dan terhindar dari berbagai macam bahaya dalam perjalanan mudikmu untuk bertemu keluarga. Amin.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *