5 Tips Fotografi Alam Terbuka untuk Pemula

Kegiatan fotografi adalah kegiatan yang susah-susah gampang. Mudah jika kamu tekun belajar dan sulit jika ingin instan. Apalagi bagi para pemula di dunia fotografi. Kegiatan memotret yang terlihat mudah memiliki berbagai kerumitannnya tersendiri.

Kegiatan fotografi mempunya berbagai objek yang bisa difoto, salah satunya alam terbuka. Bagi kamu yang suka berpetualang tentu memotret dengan subjek alam adalah hal yang lumrah. Lalu hal apa saja yang perlu diperhatikan bagi fotografer pemula yang ingin menjadi alam terbuka sebagai objek potretnya? Simak tipsnya di bawah ini.

Tips Fotografi Alam Terbuka

Tips Fotografi Alam Terbuka

1. Pekalah dengan sekitar
Menjadi fotografer terutama fotografer alam terbuka adalah seseorang yang memiliki kepekaan yang tinggi terhadap sekitar. Bagaimana sebuah alam yang luas bisa dijadikan objek potret yang bernilai tergantung dari kepekaan dan skillmu dalam mengambil momen. Lalu apakah kepekaan bisa dipelajari? Bisa jika kamu sering bergaul dengan orang-orang yang sehobi denganmu. Namun tingkat kepekaan akan tumbuh seiring semakin banyaknya pengalamanmu dalam memotret alam.

2. Jangan terpaku dengan peralatan canggih, mulailah dari peralatan sederhana
Momok seorang fotografer pemula apalagi sebagai fotografer dengan objek alam adalah perlunya peralatan canggih yang menguras kocek. Jangan terpaku dengan hal tersebut. Mulai saja dengan kamera yang kamu miliki saat ini. Tidak perlu terburu-buru ingin langsung memotret dengan gear lengkap jika kamu masih belajar. Gear bisa kamu lengkapi seiring bertambahnya kemahiranmu dalam memotret.

3. Terus berlatih dan belajar
Ini adalah hal yang paling penting, terus berlatih dan belajar. Dalam fotografi, praktik lebih memberikan efek yang lebih baik ketimbang teori. Namun jangan mengesampingkan teori juga, buatlah praktik dan teori seimbang. Ketika kamu memutuskan untuk menjadi fotografer dengan fokus alam. Semakin sering kamu turun ke alam maka akan semakin mahirlah dirimu. Kuncinya adalah jangan menutup diri dengan berbagai ilmu dari setiap orang. Belajarlah selalu.

Baca Juga:

4. Melatih perspektif dan sense
Keindahan fotografi sering lahir dari perspektif dan sense si fotografer. Apalagi jika ini objeknya adalah alam yang luas. Kamu harus bisa melatih perspektifmu agar apa yang kamu tangkap lewat lensa kamera memiliki komposisi yang seimbang. Perspektif dan sense ini juga bisa kamu dapatkan jika kamu rajin berlatih dan berpetualang ke alam.

5. Nikmati proses
Terakhir yang harus kamu ingat jika ingin terjun menjadi fotografer luar ruangan terutama alam adalah menikmati prosesmu. Semu fotografer handal lahir dari seorang fotografer amatir. Jangan terburu-buru ingin punya skill hebat, semua orang perlu proses. Nikmati saja prosesmu.

Menjadi fotografer pemula memang punya rintangan. Yang terpenting adalah terus belajar dan jangan patah semangat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *