Inilah Cara Mengobati Sariawan untuk Anak-Anak

Bagi anak-anak, sariawan merupakan penyakit yang sangat mengganggu dan kerap membuat anak menangis. Hal ini karena setiap makan atau berbicara, rasa perih akan muncul di mulut. Untuk itu, sariawan harus segera ditangani. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati sariawan yang menyerang anak.

Cara-Cara untuk Mengobati Sariawan pada Anak

Cara Mengobati Sariawan untuk Anak

1. Menggunakan air garam
Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mengobati sariawan pada anak adalah menggunakan air garam. Alasan cara ini menjadi yang pertama adalah karena garam sangat mudah ditemui. Untuk menggunakannya, campur setengah sendok teh garam dengan segelas air. Minta anak untuk berkumur menggunakan air tersebut dan berkumur menggunakan air bersih. Lakukan sehari dua kali.

2. Menggunakan es batu
Es batu berfungsi untuk memperlambat aliran darah di daerah sariawan. Hal ini dapat mengecilkan bengkak dan mengurangi rasa nyeri yang dapat mengganggu anak. Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa langsung menempelkan es batu pada bagian yang sariawan atau bisa juga dibalut pembungkus terlebih dahulu jika merasa terlalu dingin.

3. Mengonsumsi tomat
Tomat terkenal akan banyaknya kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya. Vitamin C sangat bagus untuk mengobati sariawan. Tomat bisa dikonsumsi secara langsung atau jika anak tidak menyukainya bisa dijadikan jus terlebih dahulu. Selain dapat mengobati sariawan, vitamin C pada tomat juga dapat membantu tubuh mencegah penyakit lainnya seperti flu.

4. Bawang Putih
Cara ini mungkin akan tidak disukai oleh anak karena aroma bawang putih yang mengganggu. Namun, bawang putih sangat baik untuk mengatasi infeksi yang terjadi di mulut. Untuk menggunakannya, tumbuk bawang putih hingga halus. Kemudian tempelkan pada bagian sariawan dan diamkan antara 10-15 menit. Kumur dengan air bersih.

5. Menggunakan paracetamol atau ibuprofen
Biasanya paracetamol atau ibuprofen digunakan ketika sedang terkena demam. Akan tetapi, obat ini juga bisa digunakan sebagai obat sariawan untuk anak. Yang perlu diperhatikan, obat ini sangat tidak diperbolehkan pada anak berusia di bawah 6 bulan atau anak yang sedang terkena dehidrasi. Lebih baik gunakan cara alami.

6. Menggunakan antasida
Antasida berfungsi untuk mengatasi sariawan. Anda bisa mengaplikasikannya 4 kali sehari. Gunakan antasida sebagai obat kumur setelah makan pada anak usia di atas 6 tahun. Untuk anak di bawah 6 tahun, cukup celupkan kapas ke cairan antasida dan oleskan pada luka sariawan anak. Jika belum jelas, konsultasikan obat ini pada apoteker atau dokter.

Itulah 6 cara yang dapat dilakukan untuk segera mengobati sariawan pada anak. Pengobatan harus cepat dilakukan agar anak tidak terlalu lama terganggu dan dapat menikmati kesehatannya secepat mungkin. Anak-anak tidak boleh merasa stres dalam waktu yang panjang.