Jenis-jenis Asuransi dan Manfaatnya yang Wajib Anda Tahu

Meski penting, masih banyak orang yang belum sadar akan pentingnya membeli asuransi. Asuransi sendiri ada banyak sekali jenisnya. Salah satu yang paling populer adalah asuransi jiwa. Selain itu, masih ada banyak lagi jenis asuransi yang juga penting untuk dibeli. Lifepal menawarkan berbagai macam produk asuransi untuk kebutuhan asuransi kalian. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan berikut ini.

Asuransi Lifepal

Jenis-jenis Asuransi Terpopuler

Dari sekian banyak jenis asuransi, salah satu yang paling populer adalah asuransi jiwa. Ini adalah jenis perlindungan masa depan yang bisa meringankan beban finansial dalam menghadapi kematian. Di lifepal, kalian bisa mendapatkan uang kembali jika tidak melakukan klaim. Bahkan, premi yang kalian bayarkan akan kembali hingga 100%. Tentang asuransi jiwa, jika seseorang diasuransikan dan mengalami kematian, pewaris bisa mengklaim dan mendapat sejumlah uang. Jika orang tersebut tidak meninggal dalam rentang waktu polis, pewaris akan memperoleh uang kembali.

Asuransi jiwa sendiri dibagi menjadi 3 macam. Pertama adalah asuransi jangka standard yang merupakan paket paling sederhana. Durasinya dari 5 tahun sampai 40 tahun. Yang kedua adalah asuransi jangka pengembalian premi. Mirip dengan asuransi standard, namun manfaatnya lebih besar khususnya dalam mendapatkan uang kembali dari premi. Terakhir adalah asuransi jangka meningkat. Biasanya, peningkatan preminya sekitar 5 hingga 10% setiap tahunnya.

Jenis asuransi yang kedua adalah asuransi kesehatan. Ini merupakan perlindungan kesehatan untuk menanggung beban biaya seperti rawat jalan, rawat inap, kesehatan gigi, kesehatan mata, dan kehamilan. Jika tetap sehat, maka asuransi kesehatan dari lifepal menawarkan uang kembali sebesar 20% dari premi yang sudah dibayarkan. Yang menarik adalah premi ini akan tetap menanggung meski kalian melakukan perawatan ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

Ada beberapa macam paket asuransi kesehatan yang terdapat di Indonesia. Diantaranya adalah paket keluarga, paket lanjut usia, paket kehamilan, paket keuntungan tunai harian rumah sakit, dan paket penyakit kritis. Sedangkan biaya perawatan yang ditaggung meliputi ambulans darurat, rawat inap, pra-opname, pasca-opname, biaya rawat harian, dan perawatan rumah. perlu diketahui, asuransi ini tidak menanggung terapi, cedera akibat percobaan bunuh diri, operasi plastic, dan juga kondisi medis yang sudah diderita sebelumnya.

Satu lagi asuransi yang cukup populer di Indonesia yaitu asuransi kecelakaan. Asuransi ini menanggung biaya perawatan akibat kecelakaan. Kecelakaan sendiri terdiri dari berbagai macam seperti kecelakaan kerja, kecelakaan berkendara, dll. Kondisi kecelakaan yang ditanggung juga bermacam-macam tergantung pihak peyedia asuransi.

Manfaat Asuransi

Asuransi jelas memiliki berbagai manfaat untuk pembelinya. Sayangnya, masih banyak yang tidak mengetahui akan manfaat dari asuransi. Secara umum, ada beberapa manfaat asuransi sebagai berikut:

a. Memberikan Ketenangan
Tak ada yang tahu apa yang akan terjadi esok hari. Segala kemungkinan pasti ada termasuk kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi pada kita kapan saja. kejadian-kejadian tersebut menuntut pengeluaran ke kita yang jumlahnya bisa saja tak terduga. Termasuk juga resiko kerugian yang terjadi akibat suatu kejadian tertentu. Mengetahui hal itu, asuransi akan memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Penyedia asuransi akan mengcover sebagian bahkan seluruh biaya yang tak terduga tersebut.

b. Investasi & Tabungan
Membeli asuransi juga berarti melakukan investasi atau menabung. Pasalnya, kalian akan memperoleh jaminan pengembalian uang jika memenuhi syarat-syarat tertentu. Umumnya, ada 3 pilihan masa pertanggungan yaitu 5,7 & 10 tahun.

c. Meminimalisir Kerugian
Secara umum, asuransi bisa membantu pemegang polis meminimalisir kerugian akibat kejadian-kejadian tak terduga seperti biaya rumah sakit, kecelakaan, kebakaran, dll.

d. Membantu Mengatur Keuangan
Dengan membeli asuransi, kalian wajib membayar premi dengan rutin. Artinya, asuransi membantu kalian mengatur keuangan secara tidak langsung. Premi yang dibayarkan pun bisa diambil lagi saat membutuhkan sesuai jenis asuransinya.

Setiap jenis asuransi memiliki manfaat masing-masing. Misalnya, asuransi jiwa bisa menanggung kerugian finansial yang tak terduga akibat resiko hidup terlalu lama atau resiko kematian. Asuransi kesehatan memberi manfaat khusus kepada pemegang polis dengan mendapat jaminan biaya kesehatan dan perawatan jika sakit atau terjadi kecelakaan.