Deretan Obat Darah Tinggi dari Bahan Alami yang Bisa Digunakan

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi umumnya banyak dialami oleh orang dewasa. Penyakit ini biasanya dipicu oleh gaya hidup yang kurang sehat. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi kesehatan dimana aliran darah terhadap dinding arteri memiliki tekanan yang tinggi. Kondisi ini jika dibiarkan terjadi secara terus-menerus akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Dampak buruknya bisa menimbulkan gangguan kesehatan lain yang lebih serius, seperti penyakit jantung, gangguan ginjal, stroke, dll. Sehingga bisa dikatakan, tekanan darah tinggi bisa menjadi akar penyebab berbagai penyakit berbahaya lainnya. Itulah mengapa pada penderita hipertensi harus segera melakukan pengobatan agar tidak menimbulkan dampak kesehatan lainnya yang lebih berbahaya. Obat darah tinggi yang diberikan oleh dokter biasanya merupakan jenis obat-obatan. Obat-obatan kimia memiliki kelemahan bisa menimbulkan efek samping yang kurang bagus untuk kesehatan tubuh.

Obat Darah Tinggi dari Bahan Alami

Obat Darah Tinggi dari Bahan Alami

Itulah mengapa, pengobatan herbal pada penderita hipertensi bisa menjadi alternatif pengganti obat-obatan kimia. Karena jenis obat-obatan herbal akan lebih rendah atau bisa juga tanpa efek samping karena terbuat dari bahan-bahan yang natural atau alami. Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan herbal ini. Karena penggunaan obat herbal secara berlebihan dalam jangka waktu yang panjang juga bisa memberikan efek samping bagi yang mengkonsumsinya.

Nah, berikut ini ada beberapa obat darah tinggi yang terbuat dari bahan alami dan dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi, antara lain:

1. Bawang putih
Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata juga memiliki khasiat untuk kesembuhan penyakit, Salah satunya adalah penyakit tekanan darah tinggi. Bawang putih bisa mengatasi tekanan darah tinggi dengan cara meningkatkan jumlah zat nitrit oksida dalam tubuh. Zat nitrit oksida yang lebih banyak akan membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar dan rileks. Sehingga dampaknya membuat tekanan darah pada dinding arteri menjadi berkurang. Untuk cara penggunaannya bisa dengan menambahkan pada makanan yang dikonsumsi.

2. Jahe
Sebagai salah satu tanaman herbal, jahe ternyata berkhasiat untuk membuat tekanan darah menjadi lebih rendah. Hal ini dikarenakan jahe bisa membuat otot-otot pembuluh darah menjadi lebih kendur, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah menjadi normal kembali. Gunakan jahe pada makanan atau minuman Anda untuk mengatasi hipertensi.

3. Kayu manis
Untuk mengobati hipertensi, Anda bisa menggunakan kayu manis dengan memasukkannya pada olahan masakan uang dikonsumsi atau bisa juga dengan menggunakannya pada racikan minuman segar maupun hangat.

4. Biji rami
Biji rami juga memiliki khasiat mengatasi tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan biji rami sangat kaya akan lemak Omega-3 yang mana berguna untuk menurunkan tekanan darah. Konsumsi biji rami sebanyak 40 gr setiap harinya selama 3 bulan, maka khasiatnya sebagai penyembah hipertensi akan didapatkan.

5. Basil
Sering digunakan sebagai bahan dalam resep masakan, basil ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati hipertensi. Karena ekstrak basil membantu membuat dinding arteri melebar sehingga aliran darah menjadi normal kembali. Untuk cara penggunaannya bisa dengan menambahkan daun basil segar ke dalam makanan, seperti salad, sop, pasta, dll.

6. Biji seledri
Daun seledri kerap digunakan pada hidangan bubur. Namun ada bagian lain dari seledri yang ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat darah tinggi, yaitu bijinya. Anda bisa menggunakan biji seledri dengan memasukkannya pada olahan makanan, seperti sop, semur, dll. Atau isa juga dengan mencampurkannya pada jus buah.

7. Kapulaga
Pada makanan khas Sumatera, Timur Tengah, dan Asia Selatan sering menggunakan kapulaga dalam olahan masakannya. Dari penelitian, bahan dapur yang satu ini juga berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Cara mengkonsumsinya cukup dengan menambahkan bubuk kapulaga dalam olahan makanan yang dibuat.