Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mencegahnya

Kulkas tidak dingin adalah salah satu permasalahan yang paling sering terjadi pada pemilik kulkas. Meski kalian sudah merawatnya, namun masalah ini masih bisa saja terjadi. Untuk itu, kalian harus tahu dulu penyebab kulkas tidak dingin. Dengan begitu, kalian bisa mencegahnya agar kulkas tetap berfungsi dengan baik.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

1. Makanan / Minuman Panas

Kesalahan yang sering dilakukan adalah menyimpan makanan panas di dalam kulkas. Misalnya adalah kue yang masih panas, makanan kuah yang panas, dll. Sama halnya dengan minuman panas seperti susu panas, kopi panas, teh panas, dsb.

Menyimpan makanan atau minuman yang panas ke dalam kulkas akan mengurangi suhu dingin di dalam kulkas. Apalagi jika kalian menyimpan makanan atau minuman panas dengan jumlah yang cukup banyak, suhu dingin kulkas bisa kalah dengan suhu makanan atau minuman yang kalian simpan.

Agar tidak terjadi hal demikian, maka kalian bisa mencegahnya dengan menghindari menyimpan makanan dan minuman panas ke dalam kulkas. Jika kalian tetap ingin menyimpan makanan atau minuman tersebut ke kulkas, biarkan mereka dingin terlebih dahulu baru kemudian masukkan ke kulkas.

2. Peralatan Panas

Sering kali, kita menaruh peralatan atau benda-benda yang menghasilkan panas di dekat kulkas. Atau juga sebaliknya, kita menempatkan kulkas di dekat peralatan-peralatan yang menghasilkan panas. Peralatan-peralatan tersebut misalnya adalah pemanas ruangan, TV tabung, dll. Hal ini bisa memicu suhu kulkas naik menjadi lebih panas.

Meski berada di luar kulkas, peralatan-peralatan tersebut bisa membuat suhu di dalam kulkas tidak dingin. Jarak kulkas ke peralatan-peralatan tersebut juga sangat mempengaruhi suhu pada kulkas.

Untuk mencegahnya, yang perlu kalian lakukan hanyalah menjauhkan peralatan-peralatan yang menghasilkan panas dari kulkas. Atau kalian tidak menempatkan kulkas di dekat peralatan-peralatan tersebut. Untuk itu, carilah tempat yang tepat untuk kulkasmu agar bekerja dengan baik.

3. Terlalu Sering Membuka Tutup Kulkas

Seberapa sering kalian membuka dan menutup kulkas? Bisa jadi, kalian memang diharuskan untuk mengambil dan menaruh makanan / minuman berkali-kali, atau juga dibuat mainan oleh anak-anak. Yang jelas, semakin sering kalian membuka tutup pintu kulkas, maka udara dingin dalam kulkas akan keluar. Begitu juga sebaliknya, udara panas dari luar akan masuk ke dalam kulkas. Percampuran suhu udara tersebut membuat kulkas terasa tidak dingin.

Karena sudah tahu bahwa ini adalah salah satu penyebab kulkas tidak dingin, maka kalian harus lebih bijak dalam menggunakan kulkas. Pastikan kalian hanya membuka pintu kulkas saat benar-benar membutuhkannya saja. Misalnya adalah ketika hendak mengambil makanan atau minuman. Dengan menjaga kulkas tertutup lebih lama, artinya kalian suhu dingin kulkas.

4. Pengatur Suhu Terlalu Rendah

Kulkas memiliki fitur pengatur suhu. Jadi, kalian bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Jika suhu diatur terlalu rendah, maka dingin yang dihasilkan juga tidak akan maksimal, bahkan tidak terasa. Jadi, pastikan kalian mengatur suhu udara dengan baik dan tidak terlalu rendah.

Penyebab kulkas tidak dingin ini bisa terjadi karena kelalaianmu dalam mengatur suhu atau karena tidak sengaja diubah oleh anak atau anggota keluarga yang lain. Untuk mencegah dan menjaga kulkas tetap dingin, kalian harus selalu mengecek pengatur suhu di dalam kulkas dan memastikan bahwa suhu diatur sesuai dengan kebutuhan agar kulkas bekerja dengan normal.